Cara Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap

Berhubung cukup banyak yang nyasar ke blog ini karena mencari algoritma mencari bilangan ganjil dan genap, maka ijinkanlah diriku untuk menulis artikel ini. Semoga dengan adanya tulisan ini, tidak mengecewakan lagi bagi teman-teman yang sedang mencari algoritma ini.

Secara singkat, pengertian bilangan ganjil adalah bilangan yang tidak habis dibagi 2 (memiliki format n = 2n + 1), sedang bilangan genap adalah bilangan yang habis bila dibagi 2 (memiliki format n = 2n). Menurut definisi ini, maka kita dapat menentukan apakah suatu bilangan itu ganjil atau genap dengan cukup membaginya dengan 2. Bila sisa pembagian adalah 0, berarti merupakan bilangan genap, sedang bila sisa pembagian tidak 0 maka bilangan ganjil. Mudah kan!?

Berikut adalah diagram flowchart untuk menentukan bilangan ganjil atau genap:

Flowchart Menentukan Bilangan Ganjil/Genap

Berikut contoh kode fungsi dalam javascript:

function cekGanjilGenap(bil)
{
    if(bil%2 == 0)
        return true; // genap
    else
        return false; //ganjil
}

Semoga bermanfaat. Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Buah yang Berbeda Sifat

Apa beda mangga dengan durian? Selain perbedaan harga dan kulit buahnya? Perhatikanlah buah durian yang matang dan nikmat, kita harus menunggunya jatuh dari pohonnya. Sedangkan mangga dipetik saat buahnya masih menggantung di pohon dan belum sepenuhnya matang. Buah mangga yang jatuh sendiri dari pohon justru tak enak dimakan, karena hampir membusuk.

Read More