Cara Menggunakan Dynamic Where pada LINQ

Ketika menggunakan query sql, kita dapat membuat query yang dynamic sesuai dengan kondisi mana yang terpenuhi. Misal bila kita ingin mengambil data Produk, kita bisa melakukan filter sesuai dengan kolom yang akan dicari, bisa berdasarkan nama produk, kategori, supplier, atau harga. Contoh kodenya, biasanya yang kulakukan adalah melakukan String Concat atau String Builder. Ini contoh yang pakai string concat.

Dim FilterBy As String = "nama"
Dim WhereString = ""

If (FilterBy = "nama") Then
    WhereString = " ProductName LIKE '%berry%'"
ElseIf (FilterBy = "kategori") Then
    WhereString = " CategoryID = 2"
End If

Dim QueryString = "SELECT * FROM Products WHERE " & WhereString

Nah, kalau pakai LINQ, bagaimana caranya ya? Kan query LINQ gak bisa ditulis secara dinamis?

Read More

Cara Mengamankan Sandal/Sepatu Ketika Beribadah di Masjid

Masjid itu seharusnya menjadi ladang amal. Namun, tak bisa dipungkiri, masjid (paling tidak di Semarang) kadangkala malah berubah menjadi tempat yang rawan pencurian. Dari kehilangan sandal, sepatu, bahkan tas yang berisi laptop. Nah, untuk mencegah kehilangan sandal atau sepatu, aku punya trik yang dapat digunakan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya pencurian.

Caranya adalah dengan meletakkan sandal atau sepatumu di tempat yang agak berjauhan. Misal kalau masjid yang kita kunjungi punya dua pintu, baik pintu depan-belakang, maupun pintu depan samping, maka letakkan salah satu sandal atau sepatu di pintu yang depan, dan pasangannya di pintu yang lainnya. Sebagus apapun sandal atau sepatu kita, pasti tak akan jadi incaran pencuri kalau ternyata hanya setengah, hehe.

Trik ini tak sengaja kulihat dari seorang bapak yang hendak sholat maghrib di masjid Kauman Semarang. Semula aku agak merasa aneh, kenapa bapak ini kok melepas satu sandalnya di bagian depan halaman masjid, sedang pasangannya di taruh di tempat dekat wudhu. Setelah dipikir-pikir, ternyata cara istiqomah bapak ini keren juga. bigsmile

Semoga bermanfaat. Amin.

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

And atau AndAlso? Or atau OrElse?

Pada VB.Net ada operator And dan AndAlso, serta Or dan OrElse. Apa perbedaan keduanya? Dan kapan sebaiknya memakai And dan Or atau AndAlso dan OrElse?

Perbedaan

Perbedaan utama antara kedua operator adalah operator And dan Or akan mevalidasi kedua ekspresi yang digunakan, sedang operator AndAlso dan OrElse tidak akan mengecek ekspresi kedua apabila ekspresi yang pertama sudah dapat digunakan untuk menentukan hasil logika.

Operator AndAlso dan OrElse disebut sebagai Short-Circuiting Logical Operator.

Read More

RHibernate – Hibernate Scheduler With Pending Timer

RHibernate adalah program kecil yang berguna untuk melakukan Hibernate komputer yang terjadwal.

Background

Motivasi untuk mengerjakan project ini adalah tidak adanya dukungan timer pada command Hibernate komputer melalui command Shutdown. Pada Windows 7, command shutdown.exe sudah mendukung parameter /h untuk melakukan hibernate. Namun, ternyata parameter /h ini tidak bisa digunakan bersamaan dengan parameter /t untuk memberikan timeout sebelum command shutdown.exe melakukan hibernate.

Shutdown Command Parameter

Seringkali aku tertidur sementara komputerku masih menyala hingga pagi. Karena terjadi pemborosan listrik dan juga demi merawat komputerku, maka aku menggunakan Task Scheduler bawaan Windows untuk me-hibernate komputerku di pagi buta.

Tapi, kadangkala aku juga masih betah melek hingga pagi buta melakukan sesuatu dengan komputerku. Nah, karena command shutdown.exe dengan parameter /h tidak dapat ditambah parameter /t, maka komputerku akan langsung terhibernate ketika Task Scheduler yang menjalankan hibernate berjalan. Hal ini cukup menyebalkan, salah satunya ketika medownload file dari server file sharing yang tidak mendukung resume download.

Inilah alasan yang mendasari mengapa aku membuat RHibernate ini. Nama yang aneh, ya!? bigsmile

Read More

I Do Love VB.Net (and My Journey to Programming)

Awal perjalananku mencintai pemrograman adalah ketika aku diajarkan bahasa pemrograman Pascal oleh bu Vita, guru komputerku sewaktu kelas XI SMA. Di luar pelajaran formal di sekolah, aku juga mulai suka belajar PHP dan Javascript. Masih segar di ingatanku, betapa dulu aku sering menghabiskan uang dan waktu di warnet hanya demi ngoprek2 script javascript untuk mengubah tampilan profil friendster.com. Dari friendster, aku mulai mengerti mengenai AJAX, JSON, Web Service, DOM Traversing, CSS, dan PHP.

Sewaktu kelas XII, ada tugas (bisa dibilang semacam final project) TIK dari pak Adi untuk membuat website HTML sederhana. Tema website adalah salah satu materi/bab dari mata pelajaran yang dipilih bebas. Meski seharusnya cukup HTML sederhana, namun aku malah membuat cikal bakal aplikasi blog sederhana menggunakan php yang kugunakan untuk blog ini, sebelum pada akhirnya aku memutuskan untuk beralih ke cms yang lebih stabil dan komplit, yaitu WordPress.