Hosting IIX atau US?

Singkat cerita, beberapa waktu lalu setelah membaca artikel Hosting IDWebhost Sudah Support PHP 5.3, aku request melalui email ke IDWebhost untuk pindah akun hosting dari PHP 5.2 ke PHP 5.3.

Kronologi Pindah Server

Tak selang satu hari, permintaanku telah diproses. Ada yang agak menggelikan dalam proses pindah akun hosting ini (yang masih bisa membuatku berwkwkwk kalau mengingatnya), yaitu akun hostingku dipindah dari server Nagan ke Banguntapan, yang ternyata masih menggunakan PHP 5.2. Nah lho, apa bedanya coba? Hehe.

Singkat cerita, aku request lagi untuk diproses ulang. Seperti biasa, dalam 1×24 jam, permintaan sudah diproses. Kali ini, proses resolve DNSnya agak lama, kurang lebih 5 hari. Dan ternyata, yang membuat lama adalah karena akun hostingku dipindah ke server Pajeksan yang ternyata berlokasi di The Planet Internet Services, USA.

Ketika mengetahui akun hostingku sekarang berada di seberang dunia sana, aku agak kecewa sih. Semula ingin minta dipindahkan lagi ke server IIX. namun tak apalah, blog gak terkenal juga kok. Hihihi. Btw, salut buat tim support IDWebhost. smile

Problem 1: Page Not Found

Saat masih di server IIX dan PHP 5.2, blogku sering menampilkan halaman seperti berikut:

Wordpress - No posts were found

Wordpress - Post Not Found

Aku tak tahu, apa penyebabnya, apa PHP 5.2 yang kurang stabil dengan wordpress 3.3, ataukah konfigurasi server IIX IDWebhost yang kurang bagus. Namun, sejak akun hostingku dipindah ke server The Planet (US), ternyata sampai saat ini aku belum pernah menemui halaman itu lagi.

Problem 2 – Stuck on Maintenance Mode

Dan istimewanya, sekarang proses auto update plugin, tema, dan wordpress melalui halaman admin berjalan cepat dan lancar jaya. Mungkin karena server The Planet mempunyai bandwidth koneksi internet yang lebih cepat dan performa server yang lebih baik.

Selain halaman Not Found seperti screenshot di atas, hal lain yang cukup ekstrim waktu di server IIX adalah blogku gak bisa diakses karena gagal mengupdate plugin, tema, atau wordpress.

FYI, selama proses update, wordpress akan mensetting blog ke Maintenace Mode, dan kalau proses update gagal ditengah jalan (biasanya karena execution timeout), dan wordpress gagal mengembalikan blog dari Maintenace Mode ke Normal Mode, maka blog tidak akan dapat diakses. Tapi tak usah khawatir, cukup hapus file .maintenance, biasanya blog sudah bisa diakses kembali.

Jadi, Pilih IIX atau US?

Semula aku berpikiran server IIX akan jauh lebih baik untuk blogku. Alasannya yaitu: target pembaca hanya warga Indonesia, dan anggapanku semakin dekat lokasi server tentunya akan lebih cepat diakses, bukan?

Namun, setelah merasakan sendiri hosting di server US, ternyata tak buruklah. Bandwidth internet yang lebih cepat, konfigurasi yang (mungkin) lebih baik, dan performa server yang lebih yahud. Selain itu, harga hosting server US yang ditawarkan jasa penyedia hosting di Indonesia relatif jauh lebih murah dibanding lokasi server IIX.

Kesimpulannya, hosting server US itu tak kalah bagusnya untuk kamu yang mempunyai target pasar untuk warga Indonesia saja. Bahkan bisa dibilang jauh lebih bagus. Mungkin kalau ada satu pertimbangan mengapa memilih server IIX adalah faktor lokasi server yang jauh lebih dekat.

Owh ya, sebagai penutup, ijinkan aku memromosikan usaha hosting seorang teman. Jikalau kamu, setelah membaca artikel ini, tertarik untuk menghostingkan blogmu di server US, silakan coba layanan hosting murah dari AeoHost yang dikelola oleh mas Aunurrofik. Insya Allah orangnya amanah kok. smile

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Jenggot Indah

Sewaktu SMA dulu, ada 2 hal yang cukup ngetrend di antara teman-temanku, terutama mereka yang sering ikut kegiatan Rohani Islam aka Rohis, yaitu memelihara jenggot (serta mencukur kumis) dan bercelana congkrang (no isbal). Berikut kalimat (diutarakan dengan bahasaku) yang masih tertempel di otakku hingga kini:

Salah satu ciri seorang muslim yang membedakan mereka dengan pemeluk agama lain adalah mereka mencukur kumisnya dan memelihara jenggot. Memelihara jenggot merupakan wujud kebanggaan kita menjadi seorang yang beragama Islam. Bahasa kerennya: Proud to be a Muslim.

Pro: Menabung Pahala

Memelihara jenggot adalah salah satu sunah nabi yang menurutku (cukup) mudah untuk diamalkan (bagi cowok lho ya, xixixi). So, mengapa tidak? Siapa tahu, dengan mencukur kumis dan memelihara jenggot, kelak di akherat kita dapat masuk ke dalam golongan umat nabi Muhammad Saw. Amin. smile

Kontra: Dipanggil Pak Ustadz dan Kelihatan Tua

Hal yang tidak mengenakan dengan penampilan seperti ini adalah teman-teman kita (yang belum tahu siapa kita sesungguhnya) akan memanggil kita sebagai pak Ustadz. Malu aku ketika mendengar panggilan itu. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Tahu siapa kami sesungguhnya. Dan tolonglah kami menjadi seseorang yang lebih baik dari persangkaan mereka. Amin.

Satu hal lagi yang kualami adalah diprotres oleh ibuku, karena dianggap kelihatan tua (sebenarnya memang bentuk mukaku itu bentuk muka tua sih, not baby-face type if you know what i mean). Cukup sedih apabila mendengar protes dari ibuku, dan menyuruhku untuk mencukur jenggot.

Siasat yang kugunakan supaya tak kelihatan begitu tua yaitu: dengan tetap menjaga jenggot sependek mungkin. Untuk pemuda seusiaku, wajarlah kalau berjenggot 2-4 cm, kan sudah masa pertumbuhan menuju dewasa. Hehe.

Ini ceritaku, bagaimana dengan kamu? Do you Proud of being a Muslim? smile

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Kebenaran hanya dari Allah, dan kesalahan semata-mata karena kebodohanku sendiri.

Kelola File di Windows dengan WinDirStat

Bila harddisk kamu penuh dan tak tahu harus menghapus file atau menguninstall aplikasi apa, coba gunakan aplikasi kecil bernama WinDirStat. Apa itu WinDirStat? Berikut keterangan dari webnya:

WinDirStat is a disk usage statistics viewer and cleanup tool for various versions of Microsoft Windows.

Yang kurang lebih dengan bahasa acakadut, manfaat aplikasi WinDirStat adalah untuk memudahkan pencariaan file-file (serta folder) yang menghabiskan kapasitas harddisk. File sampah berukuran kecil mungkin tak begitu masalah, namun kalau file sampah berukuran besar?

Scary Harddisk

Read More

Mudik ke Alam Baka

Ada cletukan unik dari mbak Louisa Kusnandar ketika mengomentari berita mengenai seringnya terjadi kecelakaan ketika mudik di Liputan 6 pagi ini. Komentar itu kurang lebih menyarankan agar berhati-hati dalam mudik, agar selamat sampai ke tempat tujuan, dan bukan malah mudik selamanya ke alam baka.

Cukup tragis memang, tiap tahun pasti terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian di jalur mudik. Buat teman-teman yang hendak pulang kampung, berhati-hati ya!! Dan jangan lupa untuk saling mendoakan para pemudik lainnya, semoga selamat di kota tujuan.

Happy Mudik!! smile

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Kemerdekaan?

Hari ini adalah hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Ada banyak cara dan sudut pandang dalam memaknai kemerdekaan. Ada yang bilang merdeka itu bila bisa makan 3x sehari, bisa melahirkan gratis, bisa bebas berekspresi, bisa terbebas dari korupsi, dll.

Dari sekian banyak arti kemerdekaan, yang paling membuatku sedih adalah ketika membaca maupun mendengar kalimat: NKRI adalah harga mati!!

Gila, suatu kata Nasionalisme terkadang dapat membutakan mati hati kita. Tak disadari, ternyata kita telah menomor duakan Sang Pencipta. Kita ganti hukum-hukum-Nya dengan hukum manusia. Kita pisahkan masalah agama dengan masalah duniawi.

Dunia ya dunia, agama ya agama, gak usah dicampur aduk deh!! Begitu kira-kira jurus andalan para nasionalis.

Maknai Kemerdekaan Hakiki

Namun, kalau kamu seorang yang beragama, dan mengakui adanya Tuhan, maka mari renungkan kata-kata berikut:

Orang yang merdeka adalah orang yang paling mantap tauhidnya, tak berharap dan tak takut pada siapapun, selain kepada Allah. (Aa Gym)

Tak takut pada siapapun kecuali hanya kepada Allah menurutku bagian yang paling sulit. Baru berurusan dengan polisi lalu lintas aja kita sudah takut. Baru melihat aksi tawuran saja kita sudah takut. Dan pasti masih banyak lagi hal-hal yang membuat kita takut.

Meski begitu, paling tidak jangan sampai takut kepada setan ya teman!? Lha wong setan gak kelihatan aja, kok ditakuti? Hehe. (Tiba-tiba merinding…)

Bonus tongue

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Sarah Shafitri

Pagi buta ini ketika kubuka mata, langsung kulihat paras cantik di indosiar. WoW biutipull mak..

Di akhir ftv, ada daftar pemain, dan kuketahui gadis cantik itu bernama Sarah Shafitri.

Segera ku googling, dan ketemu akun twitternya di @sarahshafitri, dari profil twitter tersebut, kutemukan alamat blognya di http://sarahshafitriiskandarsyah.blogspot.com/. Dan ketika kubaca salah satu postingnya yang berjudul “Susah Payah yang Membuahkan Hasil bigsmile ”, yang membahas tentang perjuangan menyelesaikan skripsinya, aku langsung semakin Amazed!! dengan mbak Sarah Shafitri. wink

Entah kenapa aku sangat kagum dengan mereka yang mempunyai pendapat bahwa pendidikan itu penting. Meski, dengan pendidikan tinggi belum tentu akan membuatmu kaya. Hehe. Dan menurut banyak sumber, pendidikan terlalu tinggi biasanya menghambat langkah untuk menjadi seorang pengusaha. smile

Bob Sadino atau Mario Teguh?

Kalau dari dua pendapat dari gambar di atas, teman-teman pilih yang mana? Kalau aku lebih memilih pendapat pak Mario Teguh. Bila kamu termasuk orang yang beruntung untuk dapat bersekolah (biaya bukan menjadi masalah besar), maka bersabarlah dalam menghadapi lika-liku kehidupan sebagai pelajar, paling tidak hingga Sarjana.

Eh, artikel ini mau mbahas tentang apa ya? It’s so random!! Hehehe.

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Referensi:

https://twitter.com/varosaa/status/130128032294895616