Hosting IIX atau US?

Singkat cerita, beberapa waktu lalu setelah membaca artikel Hosting IDWebhost Sudah Support PHP 5.3, aku request melalui email ke IDWebhost untuk pindah akun hosting dari PHP 5.2 ke PHP 5.3.

Kronologi Pindah Server

Tak selang satu hari, permintaanku telah diproses. Ada yang agak menggelikan dalam proses pindah akun hosting ini (yang masih bisa membuatku berwkwkwk kalau mengingatnya), yaitu akun hostingku dipindah dari server Nagan ke Banguntapan, yang ternyata masih menggunakan PHP 5.2. Nah lho, apa bedanya coba? Hehe.

Singkat cerita, aku request lagi untuk diproses ulang. Seperti biasa, dalam 1×24 jam, permintaan sudah diproses. Kali ini, proses resolve DNSnya agak lama, kurang lebih 5 hari. Dan ternyata, yang membuat lama adalah karena akun hostingku dipindah ke server Pajeksan yang ternyata berlokasi di The Planet Internet Services, USA.

Ketika mengetahui akun hostingku sekarang berada di seberang dunia sana, aku agak kecewa sih. Semula ingin minta dipindahkan lagi ke server IIX. namun tak apalah, blog gak terkenal juga kok. Hihihi. Btw, salut buat tim support IDWebhost. smile

Problem 1: Page Not Found

Saat masih di server IIX dan PHP 5.2, blogku sering menampilkan halaman seperti berikut:

Wordpress - No posts were found

Wordpress - Post Not Found

Aku tak tahu, apa penyebabnya, apa PHP 5.2 yang kurang stabil dengan wordpress 3.3, ataukah konfigurasi server IIX IDWebhost yang kurang bagus. Namun, sejak akun hostingku dipindah ke server The Planet (US), ternyata sampai saat ini aku belum pernah menemui halaman itu lagi.

Problem 2 – Stuck on Maintenance Mode

Dan istimewanya, sekarang proses auto update plugin, tema, dan wordpress melalui halaman admin berjalan cepat dan lancar jaya. Mungkin karena server The Planet mempunyai bandwidth koneksi internet yang lebih cepat dan performa server yang lebih baik.

Selain halaman Not Found seperti screenshot di atas, hal lain yang cukup ekstrim waktu di server IIX adalah blogku gak bisa diakses karena gagal mengupdate plugin, tema, atau wordpress.

FYI, selama proses update, wordpress akan mensetting blog ke Maintenace Mode, dan kalau proses update gagal ditengah jalan (biasanya karena execution timeout), dan wordpress gagal mengembalikan blog dari Maintenace Mode ke Normal Mode, maka blog tidak akan dapat diakses. Tapi tak usah khawatir, cukup hapus file .maintenance, biasanya blog sudah bisa diakses kembali.

Jadi, Pilih IIX atau US?

Semula aku berpikiran server IIX akan jauh lebih baik untuk blogku. Alasannya yaitu: target pembaca hanya warga Indonesia, dan anggapanku semakin dekat lokasi server tentunya akan lebih cepat diakses, bukan?

Namun, setelah merasakan sendiri hosting di server US, ternyata tak buruklah. Bandwidth internet yang lebih cepat, konfigurasi yang (mungkin) lebih baik, dan performa server yang lebih yahud. Selain itu, harga hosting server US yang ditawarkan jasa penyedia hosting di Indonesia relatif jauh lebih murah dibanding lokasi server IIX.

Kesimpulannya, hosting server US itu tak kalah bagusnya untuk kamu yang mempunyai target pasar untuk warga Indonesia saja. Bahkan bisa dibilang jauh lebih bagus. Mungkin kalau ada satu pertimbangan mengapa memilih server IIX adalah faktor lokasi server yang jauh lebih dekat.

Owh ya, sebagai penutup, ijinkan aku memromosikan usaha hosting seorang teman. Jikalau kamu, setelah membaca artikel ini, tertarik untuk menghostingkan blogmu di server US, silakan coba layanan hosting murah dari AeoHost yang dikelola oleh mas Aunurrofik. Insya Allah orangnya amanah kok. smile

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

2 thoughts to “Hosting IIX atau US?”

  1. Ehm ehm…

    Kalo sekarang aku bener-bener harus bilang WOW!

    Yaa, WOW…!

    Karena udah dipromosiin hosting ku, he he he..

    Tapi cerita kronologi perpindahan server ini juga menarik. Buat nambah-nambah ilmu perhostinganku juga.

    Sekali lagi, thanks gan.. :)

Leave a Reply