I Do Love VB.Net (and My Journey to Programming)

Namun, Microsoft Lebih Mengutamakan C#

Cukup menarik membaca alasan-alasan mengapa pada 2011 DotNetNuke beralih dari VB.Net ke C#. Point-point yang menarik di antaranya:

  • Sample source code untuk C# jauh lebih banyak daripada VB.Net. Jumlah buku di Amazon yang ditulis untuk C# jauh lebih banyak ketimbang buku VB.Net. Bahkan, Microsoft pun lebih sering memberikan sample code dalam C#.
  • Anggapan para developer bahwa C# jauh lebih cepat daripada VB.Net. Tim DotNetNuke sendiri menyatakan bahwa ini sebenarnya bukan salah satu alasan mengapa mereka beralih (setelah 8 tahun) dari VB.Net ke C#; karena menurut mereka, dalam perspektif runtime/eksekusi, VB.Net dan C# itu bisa dibilang tak berpengaruh, karena .Net Framework menggunakan konsep MSIL. Jadi, kode C# atau VB.Net akan di-compile ke kode MSIL, dan selanjutnya .Net Framework akan mengeksekusi MSIL ini, bukan kode C# atau VB.Net lagi. Namun, tak bisa dipungkiri ada anggapan bahwa performa aplikasi C# itu jauh lebih cepat dari VB.Net. Entahlah.
  • Pertumbuhan programmer C# meningkat pesat ketimbang programmer VB.Net. Jumlah lowongan untuk programmer C# pun jauh lebih banyak hingga 2 x lipat ketimbang lowongan programmer VB.Net. Bisa dibilang VB.Net itu identik dengan bahasa pemrogramannya para Newbie. Ketika kamu berkumpul di acara Developer DotNet, dan kamu berkata programmer VB.Net, mungkin kamu akan diterwakan. Hehe. Ini menjadi salah satu alasan mengapa cukup sedikit yang menggunakan VB.Net.
  • Microsoft lebih mengutamakan bahasa C#, bisa jadi VB.Net masih dikembangkan karena komunitas VB yang masih cukup besar. Bukti nyatanya adalah, Microsoft mengembangkan sebagian besar produknya berbasis C#, sehingga inovasi, tool, dan sample untuk C# akan jauh lebih (bisa dibilang) selangkah lebih maju. Alasan mengapa Microsoft mengutamakan C# adalah karena C# menggunakan syntax yang mirip bahasa C, diharapkan programmer PHP atau Java akan jauh lebih mudah bila ingin bermigrasi ke .Net, ketimbang harus belajar bahasa VB.

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply