Kemerdekaan?

Hari ini adalah hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Ada banyak cara dan sudut pandang dalam memaknai kemerdekaan. Ada yang bilang merdeka itu bila bisa makan 3x sehari, bisa melahirkan gratis, bisa bebas berekspresi, bisa terbebas dari korupsi, dll.

Dari sekian banyak arti kemerdekaan, yang paling membuatku sedih adalah ketika membaca maupun mendengar kalimat: NKRI adalah harga mati!!

Gila, suatu kata Nasionalisme terkadang dapat membutakan mati hati kita. Tak disadari, ternyata kita telah menomor duakan Sang Pencipta. Kita ganti hukum-hukum-Nya dengan hukum manusia. Kita pisahkan masalah agama dengan masalah duniawi.

Dunia ya dunia, agama ya agama, gak usah dicampur aduk deh!! Begitu kira-kira jurus andalan para nasionalis.

Maknai Kemerdekaan Hakiki

Namun, kalau kamu seorang yang beragama, dan mengakui adanya Tuhan, maka mari renungkan kata-kata berikut:

Orang yang merdeka adalah orang yang paling mantap tauhidnya, tak berharap dan tak takut pada siapapun, selain kepada Allah. (Aa Gym)

Tak takut pada siapapun kecuali hanya kepada Allah menurutku bagian yang paling sulit. Baru berurusan dengan polisi lalu lintas aja kita sudah takut. Baru melihat aksi tawuran saja kita sudah takut. Dan pasti masih banyak lagi hal-hal yang membuat kita takut.

Meski begitu, paling tidak jangan sampai takut kepada setan ya teman!? Lha wong setan gak kelihatan aja, kok ditakuti? Hehe. (Tiba-tiba merinding…)

Bonus tongue

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply