Berjalan dengan 600.000 Helai Rambut

Tahukah Anda, bagaimana seekor laba-laba mampu merayap dengan mudah di permukaan tembok? Bahkan dengan posisi melawan gravitasi bumi?

Hasil penelitian para pakar biomekanika Institute for Technical Zoology and Bionics, Bremen, Jerman, menjawab teka-teki ini. Mereka meneliti kaki seekor laba-laba pelompat berukuran kecil (Evarcha arcuata). Mereka mendapatkan, laba-laba ini memiliki serangkaian rambut-rambut panjang (setae) di bawah telapak kaki laba-laba. Dan yang lebih mengejutkan, permukaan ujung bawah atau bagian telapak dari masing-masing rambut ini tertutupi oleh rambut-rambut yang jauh lebih kecil lagi (setule) dengan ujung berbentuk segitiga.

Lebih lanjut, mereka berhasil menguak kekuatan kaki laba-laba tersebut. Seekor laba-laba yang tergantung pada langit-langit dengan penempelan 600.000 setule menghasilkan gaya tarik-menarik yang mampu menahan 173 kali bobot badannya sendiri. Laba-laba tersebut menempel pada permukaan melalui gaya-gaya van der Walls, yaitu gaya tarik-menarik elektrostatik antarmolekul yang terpisah pada jarak 1/1.000.000 milimeter.

Sungguh sebuah mekanisme yang menakjubkan dari seekor makhluk keci bernama laba-laba, yang tak mungkin muncul dengan sendirinya. Sebuah mekanisme cerdas dari Sang Maha Pencipta yang Maha Cerdas, Allah Subhanahu wa Ta’ala.

"Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS An-Nuur, 24:45)

Majalah Islam Ar-Risalah edisi 97

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply