Yakin!? Masih Mau Jadi Programmer?

Beberapa waktu lalu ada obrolan menarik ngalor-ngidul dengan si Adnan dan team Valudata, yang pada akhirnya menimbulkan suatu pertanyaan yang cukup menggetarkan dunia perkodingan(ku), yaitu: Apakah kamu benar-benar yakin masih ingin menjadi programmer? Sebuah pertanyaan yang sempat membuatku sedikit dilema.

Programmer Itu…

Ada kesan di masyarakat bahwa untuk menjadi seorang programmer itu berarti kamu harus rela kurang tidur karena harus begadang menulis kode, badanmu pasti kurus karena sering lupa makan, dan bisa jadi hidupmu tak pernah tenang, karena selalu dikejar-kejar deadline, seolah-olah 24 jam itu masih kurang untuk dapat segera menyelesaikan suatu project tepat waktu. Hihihi.

Jadi Programmer Tak Harus Menderita

Namun, aku percaya, dengan menggunakan tool dan teknologi (serta metodologi?) yang tepat, kita bisa menjadi seorang programmer yang tak harus “ngoyo”. Kalimat ini sangat-sangat terinspirasi dari salah satu artikel dari Scott Hanselman yang berjudul “5:01 Developers, Family, and Excitement about the Craft.”

Terima kasih Mr. ScottHa, engkau telah mengembalikan semangatku yang sempat memudar. Beberapa hal darimu yang ingin ku tiru adalah seorang developer dengan tingkat produktifitas yang tinggi, seorang yang sedikit tidur, seorang yang open-minded, public speaker, dan yang paling penting yaitu: seseorang yang sangat mengutamakan keluarga. wink

And the Problem Is…

Yang menjadi masalah sekarang adalah tool, teknologi, serta metodologi yang tepat itu yang seperti apa ya? Tiga hal yang masih terlalu abstrak buatku. Hehe. Oleh karenanya, ayo teman-teman, yang mempunyai impian menjadi seorang programmer (atau developer?), mari kita belajar tanpa henti, cari tahu hal-hal yang dapat meningkatkan produktifitas kita, agar dapat menyelesaikan koding kita jauh lebih cepat, lebih mudah, lebih optimal, lebih efektif, lebih efisien, lebih.. lebih.. dan lebih.. cool

Semoga kelak kita dapat menyumbangkan sesuatu yang berharga bagi dunia ini. Dan sebelum hal itu terwujud, mari kita tetap berdjoeang, pantang menyerah untuk menjadi seorang programmer yang lebih baik!! Amin.

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply