CD Contents Explorer

CD Contents Explorer adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengexplore isi CD atau DVD tanpa harus memasukkan CD atau DVD tersebut ke dalam drive. Untuk lebih mengefektifkan artikel, selanjutnya kata CD akan mewakili CD dan DVD, serta media disc yang lain. Cara kerja CD Contents Explorer ini sangat simpel, yaitu: terlebih dahulu kita menyimpan isi dari CD ke dalam database, kemudian kelak bila kita ingin mencari keping CD yang memuat file tertentu, misal file master microsoft office, kita dapat mencarinya dulu di program, kemudian apabila file tersebut telah ditemukan ada di keping CD yang mana, kita tinggal memasukkan CD tersebut ke dalam drive.

cdContentsExplorer preview

Background

Ide pembuatan aplikasi ini sudah lama terlintas di kepala, namun baru kukembangkan selama magang di PT Vermindo Technology Utama. Berhubung tugas magang, yaitu membantu pengembangan simpok kendal (lebih tepatnya membuat menu master data) sudah kuselesaikan, akhirnya aku jadi tak punya banyak kegiatan selama magang. Ingin minta tugas lagi, takutnya nanti malah dibilang ‘kemaki’, ya sudahlah, akhirnya kukerjain project CD Contents Explorer ini menggunakan bahasa VB dot Net. Lumayanlah, itung-itung sekalian uji coba visual studio 2010 yang baru diinstal di komputerku. bigsmile

Disclaimer

Project ini tidak dikembangkan dari nol. Untuk tampilan explorer, memakai item Explorer Form yang sudah disediakan oleh vs 2010. Untuk perhitungan ukuran file (byte, KB, MB, GB, TB), menggunakan fungsi ConvertSize dari snikmotnairb. Sedang untuk pengambilan icon untuk type-type file, menggunakan class RegisteredFileType dari Man Vuong. Icon menggunakan Sky Metallic CD dari IconSeeker.

Aplikasi yang kukembangkan kurang lebih selama 1 minggu ini, sebenarnya belum selesai sih. Masih ada beberapa fitur-fitur yang belum diimplementasikan. Namun, berhubung mood untuk melanjutkan project ini sedang menghilang, yah akhirnya kusharing dulu deh. Siapa tahu ada yang sedang mencari-cari aplikasi sejenis. Hehe.

Requirement

  • Tentu saja dot net framework 4
  • Mysql server, biar lebih mudah, silakan pakai xampp
  • Mysql Net Connector, bila ingin menjalankan file project

Database

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, silakan buat database dengan nama “cdcontentexplorer”, kemudian buat tabel dengan script berikut:

DROP TABLE IF EXISTS `tblcontent`;
CREATE TABLE IF NOT EXISTS `tblcontent` (
`idDrive` int(10) unsigned NOT NULL,
`idFolder` int(10) unsigned NOT NULL,
`namaContent` varchar(100) NOT NULL,
`ext` varchar(10) NOT NULL,
`size` varchar(15) NOT NULL
) ENGINE=MyISAM DEFAULT CHARSET=utf8;

DROP TABLE IF EXISTS `tbldrive`;
CREATE TABLE IF NOT EXISTS `tbldrive` (
`idDrive` int(10) unsigned NOT NULL AUTO_INCREMENT,
`namaDrive` varchar(15) NOT NULL,
`size` varchar(15) NOT NULL,
PRIMARY KEY (`idDrive`)
) ENGINE=MyISAM  DEFAULT CHARSET=utf8;

DROP TABLE IF EXISTS `tblfolder`;
CREATE TABLE IF NOT EXISTS `tblfolder` (
`idFolder` int(10) unsigned NOT NULL AUTO_INCREMENT,
`idDrive` int(10) unsigned NOT NULL,
`idParentFolder` int(10) unsigned DEFAULT NULL,
`namaFolder` varchar(100) NOT NULL,
PRIMARY KEY (`idFolder`)
) ENGINE=MyISAM  DEFAULT CHARSET=utf8;

How to…

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Untuk menambah data CD, gunakan menu Simpan CD. Sedang untuk menghapus data CD, gunakan menu Hapus CD. Karena kurasa cukup mudah dipahami oleh pengguna komputer, maka aku tak akan menjelaskan detail penggunaannya, hehehehe.

Hal penting yang kurasa perlu untuk kutulis adalah jangan lupa memberi label untuk CD yang sudah disimpan di database. Bisa menggunakan stiker, cover, atau pakai spidol. Terserah… Berhubung pada rilis kali ini belum ada fitur untuk mengganti nama CD, maka silakan beri label sesuai dengan nama CD bila dilihat pada Windows Explorer.

cdContentsExplorer menu

Download

Untuk mencoba CDContentExplorer ini, silakan download file instalasi di sini. Jangan lupa install dotnet 4 terlebih dahulu untuk menjalankan aplikasi ini. Bila berkenan mengembangkan atau sekedar ngulik cara kerja aplikasi ini, dapat mendownload project CDContentExplorer ini di sini.

Note

Apabila terjadi kesalahan ketika menjalankan aplikasi ini, yaitu tidak terkoneksi dengan server mysql, itu disebabkan karena setting password untuk user root pada mysql server pada aplikasi ini dikosongkan. Apabila user root yang digunakan mempunyai password, maka kita harus menambahkan field password pada setting connectionString aplikasi ini. Untuk mengedit connectionString, silakan edit file CDContentExplorer.exe.config. Tambahkan parameter “password=password_dari_mysql_server” pada connectionString. Lebih jelasnya silakan lihat kode berikut:

<connectionstrings>
<add name="CDContentExplorer.My.MySettings.ConnString" connectionstring="server=localhost; User Id=root; database=cdcontentexplorer; password=mysql_password" providername="MySql.Data.MySqlClient"/>
</connectionstrings>

Next Release?

Fitur-fitur yang akan ditambahkan pada rilis selanjutnya, antara lain:

  • Searching file dan folder
  • Context menu
  • Rename nama CD (bila nama CD di Windows Explorer dan label fisik pada CD beda)
  • Fungsi double click pada list view (panel sebelah kanan) untuk membuka folder
  • Cegah duplikat data CD
  • Fungsi Sort By

Btw, fitur-fitur tersebut hanya akan ditambahkan ke program bila benar-benar memang ada rilis selanjutnya. Hehehe. Terima kasih, semoga bermanfaat. Happy coding!!

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply