Change Your Words, Change Your World

Salah satu nasehat dari Pak Adi (guru SMA-ku) yang masih kuingat yaitu orang sukses itu adalah orang yang pandai berkomunikasi. Beliau juga bercerita bahwa dahulu beliau juga seorang yang pendiam, namun didorong oleh rasa masih sedikit ilmu, beliau berlatih cara “berbicara”, menyampaikan gagasan ke orang lain, dan hasilnya sekarang beliau dapat bermetamorfosa menjadi salah satu guru yang diidolakan oleh siswa SMA 5 Semarang.

Salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan manusia adalah melalui kata-kata, baik itu lisan maupun tulisan. Kata-kata dapat digunakan untuk berbagai hal, dari yang baik hingga yang buruk. Berikut 3 video inspirasional mengenai kedahsyatan kata-kata.

It’s a Beautiful Day, and I Can’t See It

Menarik. Seni berkata-kata. Bingung aku harus menulis apa mengenai video ini. bigsmile

Time to Make It Difference

Berkata “Ah”, “Duh”, atau sekedar “Ckk” ketika mengalami keadaan yang tak enak, dipercaya mampu mengubah mood kita menjadi jelek hingga pergantian hari. Alternatifnya kita dapat memraktekkan apa yang diajarkan oleh Bong Chandra, yaitu dengan mengganti kata-kata tersebut menjadi kata-kata positif, misalnya dengan kata “WoW!!”

Words can Hurts

Lidah lebih tajam daripada pedang”, itulah pepatah yang sangat tepat untuk menggambarkan mengenai kekuatan kata-kata bila digunakan untuk melukai. Kadang, sakitnya tertusuk pedang mungkin tak seberapa daripada sakitnya diejek menggunakan kata-kata.

And the Point is…

Kita dapat menggunakan kata-kata untuk memotivasi, juga bisa untuk melukai. Nah, kalau bisa berkata baik, mengapa berkata yang tak baik? Kalau boleh sedikit kusimpulkan:

Salah satu skill yang wajib dimiliki oleh orang sukses itu adalah mampu merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat yang positif, sehingga mampu memberikan efek positif bagi dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Maaf sedikit sok teu. bigsmile

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply