Jenggot Indah

Sewaktu SMA dulu, ada 2 hal yang cukup ngetrend di antara teman-temanku, terutama mereka yang sering ikut kegiatan Rohani Islam aka Rohis, yaitu memelihara jenggot (serta mencukur kumis) dan bercelana congkrang (no isbal). Berikut kalimat (diutarakan dengan bahasaku) yang masih tertempel di otakku hingga kini:

Salah satu ciri seorang muslim yang membedakan mereka dengan pemeluk agama lain adalah mereka mencukur kumisnya dan memelihara jenggot. Memelihara jenggot merupakan wujud kebanggaan kita menjadi seorang yang beragama Islam. Bahasa kerennya: Proud to be a Muslim.

Pro: Menabung Pahala

Memelihara jenggot adalah salah satu sunah nabi yang menurutku (cukup) mudah untuk diamalkan (bagi cowok lho ya, xixixi). So, mengapa tidak? Siapa tahu, dengan mencukur kumis dan memelihara jenggot, kelak di akherat kita dapat masuk ke dalam golongan umat nabi Muhammad Saw. Amin. smile

Kontra: Dipanggil Pak Ustadz dan Kelihatan Tua

Hal yang tidak mengenakan dengan penampilan seperti ini adalah teman-teman kita (yang belum tahu siapa kita sesungguhnya) akan memanggil kita sebagai pak Ustadz. Malu aku ketika mendengar panggilan itu. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Tahu siapa kami sesungguhnya. Dan tolonglah kami menjadi seseorang yang lebih baik dari persangkaan mereka. Amin.

Satu hal lagi yang kualami adalah diprotres oleh ibuku, karena dianggap kelihatan tua (sebenarnya memang bentuk mukaku itu bentuk muka tua sih, not baby-face type if you know what i mean). Cukup sedih apabila mendengar protes dari ibuku, dan menyuruhku untuk mencukur jenggot.

Siasat yang kugunakan supaya tak kelihatan begitu tua yaitu: dengan tetap menjaga jenggot sependek mungkin. Untuk pemuda seusiaku, wajarlah kalau berjenggot 2-4 cm, kan sudah masa pertumbuhan menuju dewasa. Hehe.

Ini ceritaku, bagaimana dengan kamu? Do you Proud of being a Muslim? smile

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Kebenaran hanya dari Allah, dan kesalahan semata-mata karena kebodohanku sendiri.

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply