Waktu yang Sebaiknya Tidak Melakukan Sholat

Ada salah satu ilmu yang kudapat ketika SMA yang masih sangat kuingat hingga kini. Yaitu mengenai mengapa tidak ada sholat sunah rawatib sesudah sholat subuh dan ashar?

Jawabannya adalah karena ada suatu kaum penyembah matahari yang melakukan sholat sebanyak 2 kali sehari, yaitu ketika proses terbit dan terbenamnya matahari.

Dikhawatirkan Menyerupai Kaum Penyembah Matahari

Yup, alasan mengapa sebaiknya kita tidak sholat di kedua waktu itu adalah karena dikhawatirkan kita menyerupai perilaku kaum penyembah matahari. Dan apabila kita menyerupai perilaku suatu kaum, maka kita juga dapat digolongkan sebagai anggota kaum tersebut. Naudzubillah.

Lalu, Bagaimana dengan Sholat Rawatib Qobliyah Maghrib?

Menurut pendapat mas penceramah waktu SMA dulu (lupa namanya), kalau sholat rawatib qobliyah maghrib (yang dilakukan sebelum sholat maghrib) itu dilaksanakan ketika sudah memasuki waktu maghrib, yaitu: ketika matahari telah benar-benar terbenam di ufuk barat.

Sedang sholatnya kaum penyembah matahari adalah sesaat ketika matahari hendak terbenam. Begitu juga dengan sholat Dhuha, dilakukan ketika matahari telah benar-benar terbit (kurang lebih 18 derajat dari ufuk timur), bukan ketika matahari hendak terbit.

Tidak Boleh Sholat?

Aku juga pernah mendengar ceramah dari radio (kalau gak salah dari radio rodja) bahwa sebaiknya tidak sholat di kedua waktu itu. Namun, apabila tetap ingin melakukan sholat yang mendesak, seperti sholat taubat, maka diperbolehkan. Karena, dikhawatirkan apabila menunggu hingga waktu maghrib, nyawa terlanjur dicabut terlebih dahulu sebelum sempat bertaubat.

Owh ya, seingatku, mas penceramah waktu SMA dulu pernah berkata bahwa waktu terbit dan terbenamnya matahari itu kurang lebih 10-15 menit dari waktu dhuha dan waktu maghrib. Jadi, sebaiknya jangan sholat subuh dan ashar di waktu ini. CMIIW. bigsmile

Mohon maaf, karena sumbernya kurang kuat. Dimohon meneliti lebih lanjut mengenai kebenaran info yang ada di artikel ini sebelum mengamalkannya. Hehe.

Semoga bermanfaat.

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply