Cara Disable Automatic Update Driver di Windows 10

Windows 10 didesain untuk menerima update terbaru secara otomatis. Hal ini bertujuan agar komputer bersistem operasi Windows 10 selalu menerima patch keamanan dan fitur-fitur terbaru. Mau tak mau, kita harus menginstall update windows ini, kita tidak bisa lagi mendisable windows update seperti di Windows 7 atau Windows 8/8.1.

Sebenarnya idenya bagus sih, tetapi bagi yang memakai komputer/laptop yang sudah cukup berumur, malah bisa menjadi drama romantika tersendiri. Contohnya laptopku yang sudah berumur 3 tahunan. Windows mendeteksi ada update driver untuk vga addon ATI Radeon HD 8750M. Tanpa diminta, windows medownload driver terbaru dan menginstallnya. Dan hasilnya adalah… tiba-tiba layar laptopku ngeblink beberapa kali dan jadi terang benderang, tak bisa diredupkan. Waktu kejadian, sempat bingung juga, ada apa dengan cinta? Apakah dia mulai lelah? Apakah sudah saatnya diinstal ulang? lol

Selidik punya selidik, ternyata driver ati yang baru tidak compatible dengan vga ATI HD 7640G yang ada di processor AMD laptopku. Dengan menyebut nama Allah, kucoba uninstall driver vga terbaru, dan install driver lama (versi 2015 akhir), dan alhamdulillah semuanya kembali normal. Terima kasih cinta. heart

Disable Update Driver dengan Windows Show or Hide Updates Tool

Nah, untuk teman-teman yang pernah mengalami kejadian serupa, kini dapat berbahagia, karena microsoft telah menyediakan tool untuk medisable windows update, terutama driver hardware yang sudah tua. Silakan download Windows Show or Hide Updates Tool di sini. Berikut cara menggunakan tool tersebut:

Windows 10 Show or Hide Updates Tool

Pilih Hide updates

Windows 10 Show or Hide Updates Tool - Hide or Show Update Option

Karena aku sudah pernah meng-hide update driver vgaku, maka tidak tampil di daftar update yang tersedia untuk dihide/didisable. Untuk medisable, tinggal centang update yang akan dinonaktifkan.

Windows 10 Show or Hide Updates Tool - Hide Update

Untuk mengunhide/mengaktifkan update yang pernah didisable, caranya juga sama tinggal centang update yang akan diaktifkan kembali.

Windows 10 Show or Hide Updates Tool - Hidden Update

Semoga bermanfaat. Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I'm a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply