Cara Mudah Bedain Fungsi Kategori dan Tag Pada WordPress

Cara paling mudah membedakan fungsi Kategori dan Tag pada WordPress (juga platform blogging yang lain) adalah dengan menganalogikan fungsi Daftar Isi dan Index pada sebuah buku. Fungsi Kategori pada WordPress bisa disamakan dengan fungsi Daftar Isi pada sebuah buku. Sedangkan fungsi Tag bisa disamakan dengan Index pada sebuah buku.

Pada sebuah buku, Daftar Isi akan memuat pokok bahasan utama dari suatu bab. Bila bab terlalu luas, maka bab tersebut dapat dipecah menjadi beberapa sub-bab. Sedang Index merupakan daftar kata/istilah yang terdapat dalam buku. Kata dalam index dapat berulang pada bab satu dan bab yang lain.

Menggunakan konsep buku ini, maka sebuah artikel sebaiknya memiliki satu kategori saja, namun boleh memakai beberapa tag yang berhubungan dengan artikel. Misal kita punya tag “C#”, kita bisa memakainya pada artikel berkategori “Algoritma” dan “Tips & Tricks”. Sedang artikel yang memuat tag “C#”, sebaiknya kita tentukan satu kategori saja, apakah lebih cenderung ke kategori “Algoritma”, atau lebih cocok pakai kategori “Tips & Tricks”.

Begitu kurang lebih teorinya teman. Mengenai praktek penggunaannya, terserah teman-teman saja. Kan yang punya blog teman sendiri. Mau pakai kategori, ya gak papa. Mau pakai Tag, ya gak papa. bigsmile Semoga bermanfaat.

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply