Cara Smart Sharing Posting Twitter ke Facebook Menggunakan SelectiveTweets

Sebenarnya Facebook dan Twitter sudah terintegrasi sih, kita bisa sharing status Facebook ke Twitter, atau kirim Tweet ke Facebook. Namun, adakalanya sesuatu yang menarik untuk diposting ke twitter itu bisa jadi gak asyik lagi ketika disharing ke facebook (berlaku sebaliknya).

Contohnya yaitu, ketika kita mereply tweet dari temen kita. Bila tweet reply kita juga terposting ke status facebook, tentu menjadi sesuatu yang nonsense, out of context, atau basa jawanya: ora nyambung. Hehe, ini menurutku sih.

Gunakan SelectiveTweets

Nah, kalau kamu pengen bisa sharing Tweet ke Facebook, tapi tetap pengen bisa mengontrol apa saja yang ingin kamu share, aku menyarankan untuk menggunakan aplikasi SelectiveTweets. Untuk masalah sharing status Facebook ke Twitter, aku masih belum menemukan aplikasi apa yang cocok. bigsmile

Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan kamu menonaktifkan aplikasi lain yang mendukung cross-posting twitter-facebook atau facebook-twitter. Hal ini untuk mencegah terjadinya perulangan update posting twitter dan facebook.

Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah, pertama hubungkan akun facebook kamu dengan akun twitter, kemudian beri izin aplikasi SelectiveTweets untuk mengupdate status kamu secara otomatis (tenang, gampang kok, cukup klik tombol Izinkan ketika muncul popup Facebook App Permissions), dan gunakan hashtag #fb diakhir tweet yang ingin kamu share ke Facebook.

SelectiveTweets Setting

Cara Kerja SelectiveTweets

Sebagai seorang programmer (gadungan), izinkan aku untuk menganalisa cara kerja aplikasi SelectiveTweets. Berikut hasil analisaku, hehe.

  1. SelectiveTweets secara rutin akan melakukan query pencarian hashtag #fb di twitter.
  2. SelectiveTweets kemudian mencari apakah ada akun facebook yang terhubung dengan akun twitter yang me-tweet hashtag #fb tersebut.
  3. Bila ada, maka SelectiveTweets akan me-posting tweet tersebut ke status facebook akun yang bersangkutan.

Begitulah kurang lebih cara yang akan kulakukan bila membuat aplikasi sejenis SelectiveTweets. Analisa di atas bisa jadi benar, bisa jadi salah. Jadi, jangan terlalu dipercaya ya teman-teman. Hehe, wink

Sekarang aku tahu makna dibalik hashtag #fb yang sering dipakai oleh mbak @MerryRiana.

Semoga Bermanfaat. Amin.

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply