Deploy Aplikasi yang Menggunakan Microsoft Access pada Windows 64 bit

Ketika medeploy aplikasi yang menggunakan Microsoft Access sebagai database pada Windows 64 bit, ternyata muncul error seperti berikut:

The ‘Microsoft.Jet.OLEDB.4.0’ provider is not registered on the local machine.

The 'Microsoft.Jet.OLEDB.4.0' provider is not registered on the local machine

Aplikasinya sih sudah bisa berjalan, namun ketika hendak mengakses data dari Microsoft Acces, muncul error seperti gambar di atas. Hal ini (mungkin) disebabkan karena tidak ada driver yang cocok untuk mengakses file Microsoft Access melalui aplikasi.

FYI, ketika kita menginstall Microsoft Access, maka pada komputer juga akan terinstall driver OleDb yang bisa digunakan untuk mengakses file Microsoft Access dari aplikasi yang kita buat.

Solusi I: Install Microsoft Access Driver

Silakan install Microsoft Access 64 bit atau cukup install Microsoft Access Database Engine 2010 Redistributable (yang versi 64 bit) pada komputer target. Sekedar info, Microsoft Access Database Engine 64 bit tidak akan bisa diinstall bila pada komputer telah terinstall Microsoft Access yang 32 bit. Alternatifnya, bisa dicoba Solusi II. smile

Note: meski pada komputer telah terinstall Microsoft Access, namun apabila masih versi 32 bit, maka aplikasi tetap tidak akan bisa mengakses file Microsoft Access karena aplikasi membutuhkan driver yang versi 64 bit.

Solusi II: Deploy Sebagai Aplikasi 32 bit (x86)

Solusi yang paling mudah adalah dengan mengubah target platform aplikasi kita dari yang semula Any CPU ke x86. Cara ini sangat berguna pada keadaan apabila pada komputer target telah terinstall Microsoft Access 32 bit.

Berikut screenshot cara mengubah target platform aplikasi pada Visual Studio (C# Project):

Karena aplikasi kita kini berjalan sebagai aplikasi 32 bit (pada komputer 64 bit), maka driver yang disediakan oleh Microsoft Access 32 bit akan kompatible. Sebagai akibatnya, aplikasi bisa mengakses file Microsoft Access.

Oh Ternyata hanya cukup begini saja toh?! Problem Solved bigsmile

Semoga bermanfaat. Amin.

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Thanks to Oksadewa Elnovar, karena telah mengijinkan komputernya dijadikan kelinci percobaan, hihihi.

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

One thought to “Deploy Aplikasi yang Menggunakan Microsoft Access pada Windows 64 bit”

Leave a Reply