Kelola File di Windows dengan WinDirStat

Bila harddisk kamu penuh dan tak tahu harus menghapus file atau menguninstall aplikasi apa, coba gunakan aplikasi kecil bernama WinDirStat. Apa itu WinDirStat? Berikut keterangan dari webnya:

WinDirStat is a disk usage statistics viewer and cleanup tool for various versions of Microsoft Windows.

Yang kurang lebih dengan bahasa acakadut, manfaat aplikasi WinDirStat adalah untuk memudahkan pencariaan file-file (serta folder) yang menghabiskan kapasitas harddisk. File sampah berukuran kecil mungkin tak begitu masalah, namun kalau file sampah berukuran besar?

Scary Harddisk

File sampah bisa berarti:

  • file temporary – tentu tidak kita butuhkan
  • aplikasi yang (ternyata) tidak pernah digunakan – ngapain diinstal?
  • film-film yang sudah waktunya dipindah ke harddisk eksternal – kecuali film-film motivasi seperti 3 idiots, slumdog milionaire, pursuit of happyness; yang harus sering ditonton buat membangkitkan semangat yang down, atau kalau sedang jadi pemalas tongue
  • game-game yang sudah tidak pernah dimainkan
  • file-file master aplikasi yang jarang kita gunakan – apakah akan tiap hari menginstall Windows? Adobe Photoshop? Visual Studio?
  • Monggo ditambahi, ben komplit.

Screenshoot

Karena cara penggunaannya cukup mudah, maka aku akan meshare contoh screenshoot penemuan file-file yang tak berguna di komputerku saja ya. smile

Screenshoot 1 – Internet Download Manager Temporary File

Sebelum screenshoot ini diambil, ada 2 file berukuran total kurang lebih 500 MB di dalam folder idm temp. Kedua file tersebut adalah file temporary, bagian dari file asli yang gagal didownload melalui IDM. Lumayan Drive D: bertambah 500 MB. bigsmile

WinDirStat - IDM Temp

Screenshoot 2 – Installer Kaspersky Internet Security

Okay, kemarin memang sempet nyoba Kaspersky sih, tapi sekarang sudah ku-uninstall kok, kenapa masih ada file ini? Hehe, hapus!!

WinDirStat - Kaspersky Installer

Screenshoot 3 – Are U Java Developer?

Sudah ada master Netbeans 7.1, eh Netbeans 6.9.1 dan 7.0 masih ada, suatu pemborosan, hapus.. hapus.. hapus.. smile

WinDirStat - R U Java Developer?

Screenshoot 4 – Game yang Tak Pernah Dimainkan

Ternyata ada 4 game gedhe yang masih nangkring di drive C: (di lokasi yang berbeda), yaitu: Pro Evolution Soccer 2011, Tomb Raider Anniversary, Warcraft, dan Thief 3 – Deadly Sahdows. Keempat game yang sudah tak pernah kumainkan tersebut, kalau ditotal ternyata menghabiskan kapasitas harddisk hingga 10 GB. 0.o

WinDirStat - Game yang Tak Pernah Dimainkan

Screenshoot 5 – Who’s Drop These Files to My Disk?

Haha, ada 1 GB Video Walkthrogh Game Tomb Raider, ada 417 MB anime Death Note, dan ada 480 MB file video hasil convert capture-an acara Trans 7. Hmm, lumayan total ada 2 GB.

WinDirStat - Another Junk File

Sebenarnya masih banyak lagi sih file-file sampah di harddisk-ku, tapi malu aku untuk me-sharenya, hihihi. Semoga bermanfaat. Amin.

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Lebih lanjut:

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply