Sewa VPS DigitalOcean Pakai BNI Debit Online (VCN)

Kalian yang suka pemrograman web, pasti pernah berkeinginan untuk sewa VPS (contohnya di DigitalOcean) kan? Apakah keinginan kalian selama ini hanya mampu kalian pendam karena tidak mempunyai Kartu Kredit? Aha, kini ada kabar gembira, sewa VPS di DigitalOcean bisa bayar tanpa Kartu Kredit lho. Mau tahu pakai apa? Pakai BNI Debit Online atau BNI VCN (eh sama deng). Berikut step-by-step singkatnya.

1. Request BNI VCN

Langkah pertama tentu saja request BNI VCN dulu. Setahuku fitur BNI VCN ini hanya bisa direquest melalui SMS Banking. Gak tahu juga deh. Berikut cara requestnya pakai SMS Banking:

Cara Request BNI VCN via SMS Banking

Lebih detailnya bisa dibaca di halaman FAQ BNI Debit Online (VCN) atau tunggu posting blogku tentang BNI Debit Online ini deh. (kalau ingat wink )

2. Input Billing Info di Digital Ocean

Nah, setelah berhasil request VCN, kita bisa input nomor VCN, bulan/tahun valid thru, dan 3 digit angka CVC2 di billing Digital Ocean, seperti ini contohnya:

Input BNI VCN di Billing DigitalOcean

Dan syukur alhamdulillah, BNI VCN-nya diakui oleh DigitalOcean. Gak perlu pakai Kartu Kredit lagi deh. cool

3. Create Droplet

Langsung tes create droplet. Dan… (drumroll) berhasil! Wow… Amazing…

Berhasil Create Droplet DigitalOcean

4. Tes Akses Droplet Pakai Alamat IP

Langkah terakhir tentu saja tes akses droplet pakai browser. Berhubung dropletnya tidak diset domainnya, maka droplet bisa diakses via alamat IP-nya. Berikut cuplikannya:

5. Tunggu Bulan Depan

Karena VPS DigitalOcean memakai sistem pasca bayar (pakai dulu, bayar belakangan), maka belum tahu apa yang akan terjadi di bulan depan. Emang ada apa dengan bulan depan? Jadi gini teman-teman, BNI VCN itu masa berlakunya hanya seminggu. Jadi, kalau dalam seminggu VCN tidak terpakai, maka akan expired, harus req VCN yang baru. Nah, pada langkah ke-2 di atas, itu hanya proses validasi VCN saja, belum proses bayar biaya sewa VPS DigitalOcean. Karena periode billing DigitalOcean bulanan, tentu saja VCN yang didaftarkan pada langkah ke-2 sudah tidak bisa dipakai lagi (karena expired).

Jadi penasaran apa yang akan terjadi di bulan Juni nanti. Kalian juga kan? Oke, tunggu kelanjutannya di bulan Juni ya! (kalau ingat sih)

Semoga kalian yang selama ini penasaran dengan hosting VPS sudah bisa tidur nyenyak mulai malam ini. Hehehe.

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I'm a Passionate Programmer ;)

2 thoughts to “Sewa VPS DigitalOcean Pakai BNI Debit Online (VCN)”

  1. Bagaimana bung…kelanjutannya…tetep diakui dan bisa kah ? Soalnya sama saya pake vcn nya BNI

    1. sampai saat ini bisa mas, masih perlu nunggu sampai tanggal 1 juni 2018 untuk tahu kelanjutannya, hehe

Leave a Reply