Ruang Tunggu Yamaha FlagShip Shop Pemuda Semarang

Mari menengok ruang tunggu salah satu bengkel Yamaha di Semarang, dan apa yang dapat kita pelajari. Berikut jepreten salah satu sudut ruangan yang akan kita bahas.

Ruang Tunggu Yamaha FlagShip Shop Pemuda Semarang

Ada Apa Aja Sih?

Ruangan cukup lapang, ber-AC, ada musik, dan 2 buah monitor yang menyiarkan film dari channel tv kabel. Disediakan beberapa tipe tempat duduk, yaitu kursi tanpa busa, seperti kursi hitam di atas, sofa yang nyaman untuk satu orang, dan sofa melingkar, yang nyaman untuk selonjor tiduran, untuk beberapa orang. Ada juga beberapa edisi majalah Motodream, wifi hotspot, serta 4 buah komputer yang bisa digunakan untuk browsing, tentu saja dengan syarat yang kurang enak yaitu harus ngenet sambil berdiri. Hehe.

Owh ya, ada juga beberapa model sepeda motor yang dibongkar salah satu sisinya. Cukup menarik melihat daleman blok mesin motor ini, meski belum tentu akan membuat kita mengerti cara kerjanya sih, hehe.

Owh ya, kalau servis di flagshop pemuda, selain disediakan minuman dan snack, juga ada bonus cuci gratis.

Sistem Antrian

Yang paling menarik di bengkel ini – yang membuatku ingin menulis artikel ini – adalah sistem antrian yang cukup bagus. Yang pertama mengenai info antrian counter/kasir.

Terdapat 4 counter, yang terdiri dari 2 counter yang melayani pendaftaran service, 1 melayani pembayaran service (kasir), dan counter yang terakhir melayani jual beli sparepart. Keempat counter tersebut memiliki nomor urut antrian masing-masing. Info mengenai no urut ini diinformasikan melalui layar monitor berikut ini dan antrian akan dipanggil melalui speaker, layaknya sistem antrian pada umumnya.

Ruang Tunggu Yamaha FlagShip Shop Pemuda Semarang

Yang kedua merupakan antrian service yang sedang dikerjakan. Meski tampak lebih sederhana, namun informasi antrian ini tak kalah pentingnya. Paling tidak dengan adanya informasi ini, kita dapat mengetahui, apakah motor kita sudah dikerjakan atau kira-kira masih berapa lama hingga motor kita akan dikerjakan.

Antrian service ini dibagi menjadi dua, yaitu antrian KSB untuk service berkala (berwarna hijau) dan KSG untuk service gratis (berwarna kuning).

Ruang Tunggu Yamaha FlagShip Shop Pemuda Semarang

Itulah pelajaran yang dapat kuambil dari bengkel yamaha. Meski informasi antrian service disajikan dengan sangat sederhana – hanya menggunakan semacam kalender meja yang dibalik secara manual – namun cukup mampu memberi User Experience yang bagus. smile

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I’m a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply