Upgrade Laptop: CPU, Ram, atau SSD?

Laptop kamu mulai lemot? Eits… Jangan buru-buru dibuang ganti laptop. Coba deh diupgrade dulu, siapa tahu performa laptop jadul kamu masih bisa ditingkatkan. Jadi apa aja yang bisa kita coba untuk memperbaiki performa laptop jadul kita?

Bersihkan Debu

Sebelum mengeluarkan uang lebih banyak, alangkah baiknya kamu mencoba untuk me-service laptop kamu. Bisa jadi laptopmu lemot gara-gara panas berlebih yang disebabkan oleh terhambatnya aliran udara akibat debu. Kusarankan untuk urusan bongkar-membongkar, lebih baik serahkan pada ahlinya, daripada terjadi malpraktek yang bisa bikin nyesek di dada. Hehehe.

Upgrade CPU

Kalau ternyata setelah dibersihkan, laptop masih lemot, kamu bisa mencoba untuk mempertimbangkan upgrade prosesor laptop kamu. Apa bisa upgrade cpu laptop? Jawabannya bisa (lebih jauh baca Upgrade Processor Laptop, Bisakah?). Misal intel core i3 ke core i5 atau amd a8 ke amd a10, yang penting socket motherboard-nya kompatibel. Cara ini tidak recommended banget deh. Karena prosesor laptop tidak dijual-belikan bebas, jadi untuk cari sparepart-nya cukup sulit, paling dari comotan laptop lain.

Upgrade RAM

Nah, cara ini yang paling masuk akal, terutama apabila laptop kamu masih menggunakan memory 2GB saja. Aku sarankan untuk menambah memory hingga 8GB (tentu saja dengan sistem operasi windows/linux yang 64bit ya). Berdasarkan pengalaman pribadi, peningkatan performa akibat memperbesar kapasitas RAM bisa langsung kerasa daripada upgrade prosesor.

Upgrade SSD

Ram sudah 8GB, ternyata masih lemot juga? Bisa jadi harddisk kamu sudah tidak sehat lagi. Maklumlah bro & sis, kan sudah berumur, wajarlah kalau sudah sakit-sakitan. Dari pengalaman pribadi juga, cara ini adalah cara yang paling ampuh meningkatkan performa laptopku. Entah efek kecepatan SSD, atau memang harddisk laptopku yang sudah mau rusak (dan ternyata memang benar-benar rusak setelah beberapa bulan ganti SSD). tongue

Ganti Laptop

Nah, kalau cara-cara di atas ternyata gak berhasil juga, mungkin memang sudah waktunya kamu memuseumkan laptop jadulmu. Semoga dimudahkan rezeki ya brotha & sista!! Aamiin. smile

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I'm a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.