Cara Forward Semua Email Gmail (Termasuk Spam)

Apa? Forward semua email Spam? Anda yakin? Ya, aku sangat yakin!! smile

Semenjak menggunakan domain rudyhartadi.web.id, aku mulai menggunakan email yang berakhiran domain ini, misalnya yang masih sering kugunakan adalah pg[at]rudyhartadi.web.id. Menggunakan email domain cukup bermanfaat untuk promosi / marketing, baik offline maupun online. Promosi Online dengan cara kirim email menggunakan akun email domain tersebut, setting alamat email di facebook, twitter, kaskus dengan akun email domain, dlsb. Promosi Offline dengan cara ditulis di kartu nama, peralatan kantor, buat stiker, dlsb. Rasanya agak gimana.. gitu, ketika ditanya emailnya apa? Dan dijawab blablabla[at]pakaidomainkulho. Hehe.

Catatan: Bila kamu punya domain, maka teorinya kamu bisa menggunakan akun email apa saja yang berakhiran domain tersebut. Defaultnya, bila akun email tersebut sebenarnya tidak ada / belum terdaftar di domain, maka email itu akan diforward ke akun utama yang bertindak sebagai akun admin. Misal: bila kamu kirim email ke afika[at]rudyhartadi.web.id, yang seharusnya tidak ada di domain rudyhartadi.web.id, maka email tersebut akan diterima oleh admin[at]rudyhartadi.web.id, yang merupakan alamat email utama / admin di domain ini.

Permasalahan

Karena ternyata email juga menggunakan kapasitas penyimpanan hosting, maka sebagai alternatifnya, aku menggunakan fasilitas gmail gratis dari Google Apps for Business. Lalu apa permasalahannya? Masalah mulai timbul ketika aku menggunakan fitur penerusan email untuk meneruskan semua email yang tertuju ke domain, ke akun gmail utama-ku. Kadang ada email yang bukan merupakan spam tapi dianggap spam oleh sistem gmail. Email spam ini tidak diteruskan oleh gmail ke akun gmail utama-ku.

Solusi: Bypass Gmail’s Spam Filter

Seperti biasa, kukeluarkan jurus andalan “googling”, dan ketemu solusinya dari blog yang menamakan dirinya Google Operating System. Cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan membuat sebuah filter pada gmail, dan kemudian centang pilihan “Jangan mengirimkannya ke Spam”. Lebih jelasnya lihat gambar berikut:

Bypass Gmail Spam's Filter 1

Bypass Gmail Spam's Filter 2

Semoga bermanfaat!!

Hartadi

I'm a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.