Cara Menghemat / Mengurangi Penggunaan Memory Browser Firefox

Kamu lebih suka menggunakan browser FireFox daripada Google Chrome, Opera, IE, Safari? Pernah mengalami kehabisan memory setelah beberapa saat browsing menggunakan Firefox? Sip, ternyata kita memiliki permasalahan yang sama. Kalau boleh tahu, Firefox-mu bisa menghabiskan memory ram sampai berapa MegaByte? Rekor Firefox-ku dahulu sudah pernah sampai 1 GB lho. Mantap bukan!? Kalau gak percaya, lihat nih screenshoot-nya.

FireFox Rawk!!

Atasi Menggunakan MemoryFox

Kalau boleh memberi tips, aku sarankan kamu untuk menginstall addon Memory Fox. Cara kerja addon ini kurang lebih, dengan melepaskan ruang memori ram yang sudah tidak digunakan oleh FireFox. Selain menggunakan logic-nya sendiri, MemoryFox juga akan mengeksekusi secara rutin fungsi garbage collector bawaan FireFox.

Ada dua mode pada Memory Fox, yaitu Browser Only dan All Process. Aku kurang tahu sih, apa perbedaan efek dari kedua mode ini, namun sudah kucoba keduanya, dan selama ini berjalan dengan baik. Jadi, silakan pilih mau pilih mode yang mana, wink

Memory Fox Mode

Sejak menggunakan addon Memory Fox, browser FireFox-ku kini hanya menggunakan memory ram antara 200 – 500 MB saja. Lumayanlah, bila dibanding kondisi semula yang sampai 1 GB.

Semoga bermanfaat. Amin.

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I'm a Passionate Programmer ;)

2 thoughts to “Cara Menghemat / Mengurangi Penggunaan Memory Browser Firefox”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.