Saya, Kami, dan Kita

Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal kata ganti saya, kami, dan kita. Kata ‘saya’ digunakan untuk mewakili diri sendiri; ‘kami’ digunakan untuk mewakili kelompok, yang diajak bicara tidak termasuk dalam kelompok tersebut; sedang ‘kita’ digunakan untuk mewakili kelompok, pembicara dan yang diajak bicara termasuk di dalamnya.

Kata yang Paling Disukai dan Dibenci dalam Kelompok

Ketika kita berbicara mewakili kelompok, kata ‘kami’ atau ‘kita’ adalah kata yang paling disukai ketika kita sedang berbicara mengenai keberhasilan kelompok. Karena keberhasilan itu hasil kerja kelompok, bukan hasil kerja kita sendiri. Meski kita merasa berperan paling banyak, kita tetap perlu menghargai jerih payah anggota kelompok kita.

Sedang kata ‘saya’ disukai oleh kelompok ketika kita berbicara mengenai kegagalan kelompok kita, yang disebabkan oleh kesalahan diri kita sendiri. Begitu juga sebaliknya, kata yang paling dibenci adalah kata ‘saya’ ketika mewakili kesuksesan kelompok, serta kata ‘kami’ atau ‘kita’ ketika berbicara mengenai kegagalan kelompok akibat kesalahan diri kita sendiri.

Semoga bermanfaat, mohon maaf dan koreksi jika ada tulisan yang kurang tepat. wink

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I'm a Passionate Programmer ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.