16 Pixel Font

Beberapa waktu lalu sempat membaca artikel yang cukup menarik dari newsfeed di facebook (kalau gak salah dari Smashing Magazine) mengenai minimal ukuran font yang sebaiknya dipakai pada desain web. Karena lupa sumbernya, akhirnya googling deh, dan ketemu 2 artikel yang menarik dari Smashing Magazine berikut: Technical Web Typography: Guidelines and Techniques dan 16 Pixels For Body Copy. Anything Less Is A Costly Mistake.

Menurut kedua artikel tersebut, 16 pixel adalah ukuran font yang ideal dalam menyajikan content / tulisan di web, demi memperoleh User eXperience yang baik. Bahkan, Bnonn pada artikel kedua menyatakan bahwa 16 pixel itu masih terlalu kecil untuk jenis font yang digunakan di artikel tersebut, yaitu: TeX Gyre Schola (diset pada ukuran 19 pixel).

Kesimpulan

Jadi, bila jenis font yang digunakan mempunyai bentuk yang relatif besar, maka ukuran 16 pixel sudah cukup. Namun, bila bentuk dasar font cukup kecil, maka silakan tambah ukuran font tersebut sesuai selera. Untuk tema blog yang kugunakan saat ini, kurasa 15 pixel sudah cukup. Hehe, iya betul, lebih kecil dari 16 pixel, karena menurutku font ‘Droid Sans’ terlalu gede bila diset pada ukuran 16 pixel.

Bagaimana dengan teman-teman? Apa jenis font yang teman-teman gunakan? Dan disetting pada ukuran berapa pixel?

 

Tetap Sehat, Tetap Semangat, dan Tetap dalam Perdjoeangan!!

Hartadi

I'm a Passionate Programmer ;)

One thought to “16 Pixel Font”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.